Minggu, 05 Februari 2017

Renungan : oleh Romo Rusbani Setiawan BS
Catatan di Penghujung Hari
5 Februari 2017
 
Feature Gaya Hidup di Harian Kompas hari ini menampilkan tokoh Bunga Citra Lestari.  Diceritakan bahwa Bunga Citra Lestari senang saat capek karena itu artinya dia sedang berjuang. Berjuang menuntaskan impian. Menarik menyimak apa yang dikatakan karena tidak umum. Umumnya orang tidak suka dengan rasa capek, dan banyak orang mengeluh karena capek. Sedangkan dia justru senang saat capek. Kuncinya adalah nilai yang diperoleh dari sebuah usaha yang mengakibatkan capek.
            Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang tua yang berjuang luar biasa untuk menghidupi dan membahagiakan putra-putri mereka. Mereka  tidak pernah mengeluh meski berkerja keras membanting tulang, bahkan sering kali mengumpamakan kerja keras mereka dengan ungkapan kepala jadi kaki dan kaki jadi kepala. Semua dilakukan demi kebahagiaan putra-putri mereka. Banyak orang tua mengatakan biarlah kami bekerja keras seperti ini asal anak-anak kami bahagia. Artinya para orang tua tidak ingin putra-putri mereka ikut mengalami penderitaan karena kerja keras.
            Akan tetapi pemahaman para orang tua yang amat luhur seperti itu sering kali menghasilkan generasi yang manja, mudah patah tidak tahan uji. Generasi ini adalah generasi penikmat, segala sesuatu tersedia dan mudah didapat. Akibatnya generasi ini generasi yang mudah mengeluh, tidak mau dan tidak bisa capek. Maka generasi ini nantinya menjadi generasi yang tidak mandiri dan tidak siap untuk berjuang.
            Kiranya para orang tua perlu menanamkan dalam diri putra-putri mereka semangat juang. Sebagai contoh  “kami, orang tua bekerja keras sampai berkeringat untuk menghidupi keluarga. Sekarang tugasmu adalah belajar;  maka kamu dalam belajar juga harus bekerja keras hingga berkeringat.” Dengan demikian diharapkan dihasilkan generasi-generasi pejuang. Generasi yang senang dan bangga bila capek karena dengan demikian mereka sedang menuntaskan mimpi mereka.
 
Iwan Roes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar